Bujangganong, memang adalah julukan bagi mereka, si penari topeng yg menggunakan topeng Ganongan dalam kesenian Reyog Ponorogo. Topeng ganongan itu sendiri memang sangat banyak banget model serta gaya penataan rambut dan juga bentuknya.. akan tetapi dari sekian banyak model tersebut kesemuanya cenderung berhidung besar panjang, bergigi putih, bermata Mlotot, serta berambut lebat.. gondrong.. kenapa Begitu ya?

Ya.. karena memang itulah ciri-ciri atau spesifikasi topeng ganongan ponorogo. Kalau ada topeng yg gak sesuai dengan ciri-ciri diatas terus mengaku ngaku.. kalau topeng tersebut topeng bujangganong Ponorogo.. wah perlu diragukan kang.. kebenarannya.. hehe..

Ya sudah monggow.. lanjut kepembahasan…
Ini kang contoh Topeng Topengnya.. :

image

image

image

Topeng Bujangganongan Murah,, Rambut Kuda Hitam, Bertaring http://facebook.com/topeng.ponorogo
Topeng Bujangganongan Murah,, Rambut Kuda Hitam, Bertaring
http://facebook.com/topeng.ponorogo

 

a mask 54
Topeng Bujangganongan Murah,, Rambut Kuda Hitam, Bertaring
http://facebook.com/topeng.ponorogo

 

topeng ganong mask 53 banyak
Topeng Bujangganongan Murah,, Rambut Kuda Hitam, Bertaring
http://facebook.com/topeng.ponorogo

 

Topeng Bujang Ganongan Murah Rambut Kuda Putih Bertaring
Topeng Bujang Ganongan Murah Rambut Kuda Putih Bertaring

Semua topeng tersebut kami ambil dari www.tokoreyog.wordpress.com dengan akun Twitternya @topengponorogo dan dengan no.Hpnya: 083845093544

Pin BBm Honggolono.Art:: 516DFE57

Posted from Kota Reyog ponorogo
=========================================================

Advertisements