Prabu klono sewandhono
prabu klono sewandhono raja kerajaan bantarangin

Kota Ponorogo memang kaya budaya, kaya sejarah.. dari mulai  sejarah kesenian reyog, sejarah pemberontakan kiageng kutu, sejarah pertikaian antara ki ageng Honggolono dan ki Ageng Mirah, dan masih banyak yang lain yang pastinya akan tetep dibahas dikemudian hari diblog situs kebudayaan dan kesenian reyog ponorogo ini.

menengok sekilas tentang kotareyog ponorogo, tidak lengkap rasanya bila tidak mengetahui siapakah sang penguasa bumi yang diklaim sebagai pusatnya dan asalnya kesenian reyog ponorogo, diciptakan. yaa.. dialah Raja Klono Sewandhono.

Sejarah Singkat Prabu Klono Sewandhono :

1. Pertapaan Gunung Lawu
Ki Andjar Lawu menpunyai 2 (dua) orang murid yang bernama Klono Sewandono dan Pujonggo Anom. Setelah dibina sekian tahun lamanya mereka dinyatakan lulus dan mendapatkan kesaktian yaitu :
– Prabu Klono Sewandono : Pecut (Cemeti) Samandiman
– Pujonggo Anom : Ajian Welut Putih dan Topeng Sakti2. Kerajaan Bantarangin

Setelah dari Gunung Lawu Klono Sewandono melanjutkan perjalanan dan mendirikan Kerajaan Bantarangin dengan gelar Sang Prabu Sri Kelono Sewandono. Kemudian Pujonggo Anom diangkat sebagai Patihnya. Adapun bala tentara Kerajaan Bantarangin adalah Pasukan Kolor Sakti (Warok) dan Prajurit Berkuda (Jatilan).3. Alas(Hutan) Ludoyo

Alas Lodoyo dengan Penguasanya Sang Singo Barong yang berwujud kepalanya harimau badannya manusia. Penguasa sakti yang sangat buas, mempunyai pasukan bala tentara jin, setan dan seluruh binatang.penghuni hutan (alas roban). Sang Singo Barong ini mempunyai ajian sakti yaitu Ajian Macan putih, dan juga mempunyai hewan kesayangan yaitu Burung Merak yang mempunyai tugas membersihkan kutu-kutu yang ada di kepalanya.4. Kerajaan Kediri

Raja Kediri mengadakan sayembara untuk peminangan putrinya yang bernama Dyah Ayu Songgolangit, adapun putrinya ingin dipersunting oleh para pelamar manapun dengan persyaratan :
1. Dibuatkan terowongan bawah tanah dalam waktu semalam.
2. Menginginkan binatang dengan bentuk satu badan dua kepala.
3. Menciptakan kesenian yang belum ada di tanah jawa sebagai iring-iringnan pernikahannya.5. Pelamaran Raja Bantarangin

Prabu Sri Klono Sewandono menyanggupi persyaratan tersebut, kemudian untuk syarat pertama sudah dipenuhi melalui kesaktian Patih Pujonggo Anom (Ajian Welut Putih) membuat terowong dalam waktu semalam.
Setelah persyaratan pertama terpenuhi kemudian Patih Pujonggo Anom membawa iring-iringan pasukan Bantarangin yang terdiri dari 144 prajurit berkuda dan pasukan kolor sakti (warok) menuju Kerajaan Kediri melalui hutan belantara, akan tetapi pasukan tersebut di hadang oleh Sang Singo Barong dan terjadilah pertempuran yang dimenangkan Sang Singo Barong. Kemudian Patih Pujonggo Anom melaporkan kejadian tersebut kepada Prabu Sri Kelono Sewandono, marah besar sudah Raja Bantarangin tersebut-langsung saja dia maju dimedan laga seorang diri menghadapi Raja Singo Barong. Adu kesaktianpun terjadi, dengan Pecut (Cemeti) Samandiman luluh lantah sudah Raja Singo Barong dan mengakui kekalahannya dengan berjanji bahwa sampai anak cucunya dia akan mengabdi kepada Raja Bantarangin tersebut.
Dengan kekalahan Raja Singo Barong tersebut telah terpenuhi syarat kedua, yaitu binatang satu badan dua kepala (harimau & merak).
Selanjutnya syarat ketiga dipenuhi dengan menggambungkan berbagai alat musik gamelan yang ada di tanah Bantarangin seperti : Gong Beri, Kenong, Selompret (Terompet), dan lain-lain. Pada awalny gamelan tersebut merupakan alat sandi untuk kepentingan rakyat, seperti Gong Beri dan Kenong/kempul, merupakan alat memanggil penduduk sebagai tanda pengumuman dari Raja dan Terompet (selompret) sebagai tanda penghormatan kepada Raja. Adapun Singo Barong dan Binatang kesayangannya (Burung Merak) – Satu Badan Dua Kepala, melengkapi serah-serahan Kerajaan Bantarangin. Inilah asal muasal terjadinya KESENIAN REYOG PONOROGO.
===================================================
NB:
bila para pembaca semua membutuhkan perlengkapan Penari klono sewandhono dan kesulitan dalam mencarinya, silahkan menuju DISINI, untuk mendapatkanya dengan mudah. suwun.  🙂
Advertisements